Ads 468x60px

Rabu, 28 Maret 2012

Tersangka Utama Untuk Borosnya Konsumsi Baterai Perangkat Android: Google Ads?

Tersangka Utama Untuk Borosnya Konsumsi Baterai Perangkat Android: Google Ads? 


Sebuah tim peneliti dari Purdue University dan Microsoft baru-baru ini melakukan sebuah penelitian yang menarik. Riset mereka menemukan fakta bahwa iklan-iklan pop-up yang muncul di aplikasi-aplikasi Android gratis ternyata menyedot energi sebesar 75 persen dari total konsumsi tenaga yang dibutuhkan oleh aplikasi tersebut.

Hasil ini diperoleh dengan bantuan sebuah energy profiler yang bernama EProf yang mampu menganalisa konsumsi tenaga dari sebuah perangkat dengan memonitor tiap-tiap aplikasi. Tim tersebut melaksanakan tes ini pada sebuah perangkat Nexus One yang beroperasi menggunakan Android 2.3 dengan aplikasi-aplikasi populer seperti Angry Birds, FreeChess serta New York Times app.

Ketika menguji game Angry Birds, mereka menemukan bahwa game itu sendiri hanya mengkonsumsi 20 persen tenaga dari total konsumsi tenaga yang dibutuhkan oleh aplikasi tersebut, dan sisa keperluan konsumsi tenaganya ternyata digunakan untuk menampilkan iklan. Untuk melakukan hal ini, ponsel tersebut diharuskan mengupload lokasi pengguna pada sebuah server lalu mendownload iklan tersebut lewat sebuah koneksi data. Upload untuk lokasi memang hanya dilakukan satu kali, namun data untuk tiap iklan baru akan didownload secara terus menerus. Untuk aplikasi FreeChess ternyata juga menampilkan hasil serupa.



Perlu dicatat bahwa yang dibicarakan disini adalah 80 persen dari total konsumsi tenaga yang dibutuhkan oleh aplikasi tersebut, bukan total konsumsi tenaga dari ponsel itu sendiri. Inilah yang menyebabkan Anda sulit untuk memeriksanya via battery manager dari ponsel Anda karena apa yang ditampilkan sebatas total konsumsi tenaga yang dihabiskan oleh aplikasi tersebut plus konsumsi tenaga yang dihabiskan oleh iklan-iklan tadi. Jadi garis besarnya adalah, ketika ponsel Anda menginformasikan bahwa aplikasi Angry Birds telah menghabiskan 30 persen tenaga baterai dari ponsel Anda, maka game Angry Birds sendiri hanya mengkonsumsi 20 persen tenaga dari 30 persen total konsumsi tenaga yang diinformasikan tadi, dan sisanya habis untuk menayangkan iklan-iklan pop-up ketika Anda sedang memainkan game tadi.

Jadi kini telah jelas bahwa kesalahan terletak pada iklan-iklan yang disertakan di dalam aplikasi-aplikasi gratis tadi, faktor gratis tersebut merupakan ujung masalah yang bersumber dari berbagai faktor seperti coding yang buruk untuk aplikasi tersebut serta minimnya optimalisasi aplikasi untuk perangkat tipe tertentu. Jadi, apakah Anda memilih untuk bertahan di aplikasi-aplikasi gratis dan berdampak pada borosnya konsumsi baterai atau beralih ke aplikasi berbayar yang bebas iklan dan bisa lebih menghemat baterai Anda? ;)

tapi jangan berkecil hati gitu dong.. hehehe tp ada aplikasinya kok yaitu "ADFREE ANDROID 0.8.31" langsung ja ya keterangannya dibawah ini.


Pernahkah ketika anda menggunakan suatu aplikasi dan di sisi atas maupun bawahnya terdapat gambar berukuran kecil lengkap dengan tulisan-tulisan gombal yang tidak lain adalah sebuah iklan.Ketika anda bertanya kenapa ada iklan di aplikasi perangkat android anda, maka jawabannya adalah hal tersebut merupakan hal yang wajar bagi aplikasi di berbagai smartphone,
iklan tersebut tidak lain adalah sumber dana dari para pengembang aplikasi maupun game untuk terus membuat aplikasi yang dapat kita peroleh dengan
gratis, sama dengan blog ini yang akan terus berjalan jika anda mengklik iklan di dalamnya.

Bagi beberapa orang iklan tersebut dianggap cukup mengganggu, untuk menghilangkannya ada beberapa cara yang bisa digunakan, salah satunya dengan mematikan koneksi data di perangkat android anda dan cara lain terutama bagi yang tidak mau repot dengan harus mematikan koneksi dapat menggunakan aplikasi pemblokir iklan.


Aplikasi yang bernama AdFree ini sesuai dengan namanya memang bertugas untuk membersihkan setiap iklan yang ingin tampil di setiap aplikasi yang sedang kita gunakan, yang meskipun data sedang aktif, sehingga bagi yang merasa risih dengan tampilan iklan akan terbantu dengan AdFree ini.

Berikut screenshotnya yang diambil dari Android Market.



ADFREE ANDROID 0.8.31 --- [DOWNLOAD]

Compatibility Specs: Android Eclair 2.1 keatas

Selamat Mencoba.

Password Link Download : artzoneplus





0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll