Ads 468x60px

Senin, 12 Maret 2012

10 Aplikasi Android Open Source

Buat para pemula atau yang lagi belajar mengembangkan aplikasi android, berikut ini ada daftar aplikasi open source yang bagus dan sangat cocok untuk menambah bahan referensi.
Tidak usah panjang lebar intronya, langsung aja lihat list dibawah:

Sampel Apps oleh Tim Android
Ada 15 sampel aplikasi yang berbeda yang dibuat langsung oleh tim inti pengembang android. Termasuk didalamnya ada game, photostream, tampilan waktu, home screen, dll.
url: http://code.google.com/p/apps-for-android/

Remote Droid
RemoteDroid adalah sebuah aplikasi android yang mengubah ponsel Anda menjadi keyboard dan mouse wireless dengan touchpad, menggunakan jaringan nirkabel Anda sendiri. Anda dapat belajar banyak hal seperti menghubungkan ke jaringan, dll.
url: http://code.google.com/p/remotedroid/

TorProxy dan Shadow
TorProxy merupakan implementasi dari Tor untuk ponsel Android. Bersama dengan Shadow, memungkinkan Anda untuk melihat situs anonim dari ponsel Anda. Anda dapat mempelajari tentang tunneling koneksi soket, mengelola cookie dll dengan membaca kode sumbernya.
url: http://www.cl.cam.ac.uk/research/dtg/code/svn/android-tor/ dan http://www.cl.cam.ac.uk/research/dtg/android/tor/

Android SMSPopup
Ini adalah sebuah aplikasi Android yang akan menampilkan popup saat ada sms.
url: http://code.google.com/p/android-smspopup/

Standup Timer
Timer standup adalah sebuah aplikasi Android yang berfungsi sebagai stop watch yang sederhana
url: http://github.com/jwood/standup-timer

Foursquare
Ini adalah aplikasi Foursquare untuk android. aplikasi ini pada dasarnya dibagi menjadi dua komponen; Membaca kode sumber Anda dapat mencari tahu bagaimana membuatnya.
url: http://code.google.com/p/foursquared/

Pedometer
Aplikasi Pedometer.
url: http://code.google.com/p/pedometer/

Opensudoku-android
OpenSudoku adalah permainan sudoku sederhana. Anda dapat mempelajari bagaimana menampilkan sesuatu dalam kotak pada tampilan Anda dan juga bagaimana berinteraksi dengan situs Web dengan membaca kode sumbernya.
url: http://code.google.com/p/opensudoku-android/

ConnectBot
ConnectBot adalah Secure Shell client untuk platform Android. Ada banyak hal yang baik tentang kode sumber ini.
url: http://code.google.com/p/connectbot/

WordPress untuk Android
WordPress Android, aplikasi ini adalah dari tim pengembangan WordPress resmi. Anda dapat belajar bagaimana membuat panggilan XMLRPC (di samping hal-hal keren lainnya) dengan membaca kode sumbernya.
url: http://android.svn.wordpress.org/trunk/

Dari 10 aplikasi tersebut, kita dapat belajar banyak hal dari kode sumber aplikasi tersebut, yang terkadang tidak kita temukan dalam manual book, atau mungkin kita kesulitan menterjemahkan dari manual menjadi kode program, dengan bantuan kode-kode dari aplikasi tersebut kita dapat bereksperimen lebih banyak.
Jika anda memiliki sumber lain untuk aplikasi kode sumber terbuka, silakan tinggalkan komentar, agar kita saling tukar ilmu yang manfaat.. 

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll